BOSS Family

Monday, June 20, 2011

Pegal di rahang??

hei heeeiii.. balik lagi baca-baca di sini ya? ^_^

ini adalah salah satu tips yang aku dapat dari dokter gigi spesialis Periodonsia ketika melihat kondisi gigi dan rahangku yang gk normal ini..

kondisi rahang bagian bawah yang ngga berada di belakang rahang bagian atas menimbulkan beban kerja rahang jadi lebih besar daripada keadaan normal. selain itu juga timbul gerakan mengunyah yang kurang baik dan malah bisa memperburuk kondisi rahang kita. ketika kita tidur pun, bisa terjadi kebiasaan buruk (bruxism - kebiasaan buruk berupa menggesek-gesek gigi-gigi, rahang atas dan rahang bawah, bisa timbul pada masa anak-anak maupun dewasa). terapi adalah tindakan yang sangat dianjurkan, dan operasi adalah tindakan penolong untuk kondisi yang parah.

nah, tips nya adalah dengan cara menggigit ujung lidah kita (diikiiitt ajaaaa, ujungnya yaa!) dengan gigi atas dan gigi bawah. ini sebenarnya adalah posisi untuk rahang atas dan rahang bawah yang (mendekati) normal. untuk awalnya mungkin malah terasa lebih pegal yaaa, tp itu hanya karena rahang kita sedang beradaptasi dengan posisi tersebut. padahal mah klo ditungguin bbrp menit kemudian atau dibiasakan bbrp lama, maka posisi ini adalah posisi yang anti pegal looh :D trust me, it worked! hehehehe

taappiii,, ini memang cuma solusi jangka pendek saja.. jika kita membiasakan dengan posisi seperti ini, maka lama-kelamaan (lamaaaaa banget ya jika dibandingkan dengan cara terapi atau bahkan operasi) rahang akan ikut beradaptasi dengan mengubah posisinya sesuai seperti keadaan seharusnya.

keep smile ;)

No comments:

Post a Comment