BOSS Family

Wednesday, June 1, 2011

Ayo bebersih gigi!



di posting sebelumnya, udah disebutkan ya betapa pentingnya untuk kita menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut selama perawatan gigi dengan pesawat ortho :) yups! demi kenyamanan, kelancaran dan kesuksesan perawatan ini kok hehehehe. ngebayangin aku pernah gk kontrol lebih dari 2 bulan, dan si karang gigi nangkring di gigi bagian bawah, eugh.. bikin gk pede utk buka mulut! -_-'

naah, beragam sikat gigi ditawarkan di luaran ya.. dan untuk pemakai braces biasanya disarankan untuk menggunakan sikat gigi khusus :) sikat gigi ini sayangnya ngga dijual secara bebas di supermarket atau apotik :( sayang banget yaaa.. selain itu juga sikat gigi tersebut harganya lumayan mahal dibandingkan dengan sikat gigi yang umum. berikut adalah penampakan bbrp sikat gigi khusus untuk perawatan ortho (orthodontic brush)

macam-macam sikat gigi khusus orthodenti
(sumber: http://www.intelligentdental.com/2010/01/23/toothbrushes-for-braces-and-orthodontics/)

klo aku siih, gk menggunakan sikat gigi khusus ini, hehehe.. selain karena faktor harga (oops hehehe), juga karena dokter memberikan alternatif pilihan lainnya utk perawatan dengan sikat gigi. jadi diriku utk sikat gigi tetap menggunakan sikat gigi biasa yang umum dijual di pasaran :) bedanya ada pada tambahan kegiatan menyikatnya, yaitu dengan menggunakan sikat gigi interdental (interdental brush)

ragam macam Interdental Brushes
(sumber: http://www.intelligentdental.com/2010/01/23/toothbrushes-for-braces-and-orthodontics/)

bentuknya keecciiiilll.. tapi hasilnya kereeeen :D sikat gigi ini digunakan untuk membersihkan sisa makanan atau kotoran di sela-sela gigi kita. untuk mencegah karies atau membersihkan karies juga bisa loooh.. duh, musti rajin deh pake yg ini ;) sikat ini digunakan biasanya setelah pemakaian sikat gigi biasa (atau sikat gigi khusus ortho), jangan lupa kumur2 dan menjaga kebersihan sikatnya yaa.. karena bentuknya yg kecil, umur sikat gigi ini pun lebih pendek :D klo aku biasanya maksimal cuma bisa sampe seminggu aja.

sayangnya interdental brush juga agak susah dicari :( katanya sih dulu banyak dijual di apotik yg biasanya nangkring di mall itu hehehe, tp bbrp kali aku coba, katanya mereka udah lama gk jual lagi. trus aku dapet dari mana?? thanks so much untuk dokterku yang ngasih sikat ini gratisan hihihi, setelah abis gratisannya jadi beli di klinik tempat dokterku praktek. harganya gk mahal2 amat kok, yg isi 3, harganya cuma Rp 25.000. bisa dihemat utk 1 bulan kaaan? ^_^

Nah, gimana sih cara sikat gigi yang bener?? berikut aku pasang gambar komik yg bisa kasih gambaran yaa.. tercantum sumber aslinya, jadi klo butuh penjelasan, silahkan langsung ke link tersebut sahaja ;)

BRUSHING

Flossing
sumber: http://orthodontictreatmentmumbai.com/instructions.php

Inga' inga'.. jangan lupa biasakan untuk kumur-kumur yaa :)

No comments:

Post a Comment